Kamis, 17 Agustus 2017

PENGERTIAN

Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer dan disajikan sedemikian rupa sehingga pengguna percaya dan menerimanya sebagai lingkungan yang nyata.

Realitas Maya

PENERAPAN

Pendidikan dan pelatihan

Penggunaan virtual reality (VR) dalam bidang pelatihan adalah untuk memungkinkan para profesional untuk melakukan pelatihan dalam lingkungan buatan yang nyata di mana mereka dapat memperbaiki kemampuan mereka tanpa konsekuensi yang fatal.

Dalam bidang militer, VR memegang peranan penting dalam pelatihan tempur. Hal ini memungkinkan para tentara berlatih di bawah lingkungan yang terkendali untuk menghadapai berbagai jenis situasi medan dan pertempuran. Sebagai contohnya VR digunakan dalam simulasi menerbangkan pesawat jet tempur, mengendarai tank, dan lain-lain.

Arsitektur

Dalam bidang arsitektur, arsitek dapat menggunakan virtual reality untuk membantu mensimulasikan struktur dan desain yang berbeda untuk membantu mereka dalam proses desain ruangan, rumah ataupun gedung. Kemudian para arsitek atau konsumer dapat berkeliling pada desain yang telah dibuat.

Desain perkotaan

Mirip dengan bidang arsitektur, penggunaan virtual reality dalam desain perkotaan sangat membantu dalam mengambil keputusan desain tata-kota. Surveyor tanah dan insinyur sipil dengan data-data dan fakta-fakta yang ada bisa menggunakannya untuk menciptakan dunia virtual lengkap dengan gedung-gedung untuk keperluan perencanaan kota.

Video games dan film

Virtual reality akan selalu terikat dengan dunia hiburan. Dimulai pada awal 1990-an, Nintendo dengan Virtual Boy, Virtual I-O dengan perangkat iGlasses, dll. Contoh yang lebih modern adalah Nintendo Wii Remote, Xbox Kinect dan PlayStation Eye/Move, yang akan melacak pergerakan pemain.

Virtual reality melesat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sekarang, beberapa perusahaan besar berfokus pada virtual reality. Dalam bidang ini, contoh penerapan VR adalah merasa bahwa pemain berada di dunia game, menonton konser atau suatu event seakan-akan kita benar-benar berada disana.

Arkeologi

Virtual reality memungkinkan tempat-tempat bersejarah untuk diciptakan secara akurat dalam realitas maya sehingga semua orang dapat berkunjung secara virtual. Biasanya tempat-tempat bersejarah sering tidak dapat diakses untuk umum. Teknologi ini dapat digunakan untuk membuat replika gua virtual, lingkungan alam, kota tua, monumen, patung dan situs-situs arkeologi.

Medis

Pada bidang medis, salah satu contohnya VR bisa digunakan sebagai pengambil keputusan untuk operasi. Dokter bisa menggunakannya untuk melihat organ pasien untuk kemudian dilakukan perencanaan lebih jauh. Virtual reality juga bisa digunakan untuk terapi, misalnya untuk penyembuhan pada orang yang takut berlebihan dengan sesuatu (fobia).

TERBARU