PlayStation VR Tidak Direkomendasikan Untuk Anak 12 Tahun Kebawah

0
533
PlayStation VR

Pada update 3.50 versi beta untuk PlayStation 4, pada bagian “Health and Safety”, Eurogames melaporkan bahwa ada peringatan khusus untuk penggunaan perangkat VR, PlayStation VR.

Disitu tertulis:

  • The VR headset is not for use by children under age 12.
  • Review surroundings and clear obstacles before use. Take steps to prevent pets, children or other obstacles entering the area during use.
  • Some people may experience motion sickness, nausea, disorientation, blurred vision or other discomfort while viewing the contents of the virtual reality. If you experience any of these symptomps, stop use immediately and remove the VR headset.

Terjemahan:

  • Perangkat VR tidak untuk digunakan oleh anak dibawah 12 tahun.
  • Sebelum digunakan, perhatikan area sekeliling dan pindahkan objek yang dapat mengganggu anda. Pastikan binatang peliharaan, anak-anak atau objek lain tidak memasuki area permainan.
  • Beberapa orang mungkin mengalami mabuk, mual, disorientasi, penglihatan menjadi kabur atau ketidaknyamanan lainnya saat melihat isi dari virtual reality. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera hentikan penggunaan dan lepaskan perangkat VR.

Virtual reality memang masih baru, dan saat ini memang belum ada penelitian mengenai efek terhadap penggunanya, terutama anak kecil, jadi memang harus ditentukan batasan umur penggunaan VR.

Belum ada penjelasan dari Sony mengapa umur 12 yang dipilih menjadi batasan dalam penggunaan perangkat VR. Bisa jadi karena PlayStation VR memang tidak muat untuk anak 12 tahun kebawah ataukan faktor lainnya.

Oculus Rift dan Samsung Gear VR juga menyarankan hal yang sama, bedanya batasan umur sedikit lebih tinggi, yaitu 13 tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here