Pembuat Game Di Jepang Belum Yakin Dengan Virtual Reality

0
539
Logo Famitsu

Menurut survey yang baru dilakukan oleh majalah gaming terkemuka di Jepang, Famitsu, sepertinya pengembang game di Jepang belum yakin dengan virtual reality.

Padahal di negara-negara lain (terutama US dan Eropa), virtual reality sedang menjadi topik yang hot. Berbagai perusahaan besar seperti Google, Facebook, dan HTC sudah terjun ke virtual reality.

Survei terhadap 25 Game Developer

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan beserta hasil survey yang telah diterjemahkan oleh DualSHOCKERS.

Apakah anda tertarik dengan VR?
  • Ya – 94%
  • Tidak – 6%
Apakah anda sedang mengembangkan atau meneliti VR?
  • Ya – 67%
  • Tidak – 22%
  • No comment – 6%
Apakah anda akan merilis aplikasi VR di masa depan?
  • Saya masih mempertimbangkan – 61%
  • Ya – 11%
  • Tidak – 22%
  • No comment – 6%
Apa pendapat anda mengenai harga Oculus Rift (USD 599)?
  • Mahal – 88%
  • No comment – 12%
Berapa harga yang anda harapkan ketika PlayStation VR diluncurkan?
  • 50,000 – 59,999 yen (Rp5,83jt – Rp7jt) – 11%
  • 40,000 – 49,999 yen (Rp4,67jt – Rp5,83jt) – 6%
  • 30,000 – 39,999 yen (Rp3,5jt – Rp4,67jt) – 27%
  • 20,000 – 29,999 yen (Rp2,33jt – Rp3,5jt) – 22%
  • 10,000 – 19,999 yen (Rp1,15jt – Rp2,33jt)- 17%
  • No comment – 17%
Apakah menurut anda VR akan menjadi mainstream di industri game?
  • Ya – 33%
  • Tidak – 66%
Menurut anda, apa yang paling penting untuk mempopulerkan VR?
  • Content VR – 37%
  • Harga – 26%
  • Marketing – 7%
  • Gameplay environment – 19%
  • Bentuk perangkat VR – 4%
  • Lainnya – 7%

Survei terhadap pembaca

Selain itu Famitsu juga melakukan survei kepada pembacanya, berikut pertanyaan dan hasilnya.

Apakah anda pernah mencoba VR?
  • Ya – 20%
  • Tidak – 80%
Apakah anda berniat membeli Oculus Rift?
  • Saya masih mempertimbangkan – 27%
  • Ya – 8%
  • Tidak – 65%
Bagaimana menurut anda mengenai harga Oculus Rift?
  • Mahal – 86%
  • Pas – 13%
  • Murah – 1%
Berapa harga yang anda harapkan ketika PlayStation VR diluncurkan?
  • Di atas 100,000 yen (> Rp11,66jt) – 1%
  • 70,000 – 79,999 yen (Rp8,16jt – Rp9,33jt) – 1%
  • 60,000 – 69,999 yen (Rp7jt – Rp8,16jt) – 3%
  • 50,000 – 59,999 yen (Rp5,83jt – Rp7jt) – 10%
  • 40,000 – 49,999 yen (Rp4,67jt – Rp5,83jt) – 23%
  • 30,000 – 39,999 yen (Rp3,5jt – Rp4,67jt) – 25%
  • 20,000 – 29,999 yen (Rp2,33jt – Rp3,5jt) – 24%
  • 10,000 – 19,999 yen (Rp1,15jt – Rp2,33jt)- 13%
  • No comment – 17%
Apakah menurut anda VR akan menjadi mainstream di industri game?
  • Ya – 33%
  • Tidak – 67%
Menurut anda, apa yang paling penting untuk mempopulerkan VR?
  • Content VR – 33%
  • Harga – 29%
  • Marketing – 14%
  • Gameplay environment – 11%
  • Bentuk perangkat VR – 7%
  • Lainnya – 6%

Well, 67 persen dari para game developers dan pembaca di Jepang setuju bahwa VR tidak akan menjadi mainstream di industri game. Selain itu mereka juga berpendapat bahwa harga Oculus Rift termasuk mahal.

Sony dan Nintendo

Walaupun begitu, ada satu perusahaan besar Jepang yang sudah lebih dulu terjun ke virtual reality, yaitu Sony. Sony sangat yakin dengan VR sehingga mereka mengembangkan perangkat VR mereka sendiri, yaitu PlayStation VR. Selain itu, Nintendo juga dirumorkan sedang melirik VR.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here