Nilai Pasar Virtual Reality Akan Tembus 950 Triliun Rupiah Pada Tahun 2020

0
528
Oculus Rift

Peneliti pasar di bidang teknologi, TrendForce, melaporkan bahwa total nilai pasar virtual reality, termasuk hardware dan software, akan mencapai USD 6.7 miliar (92 triliun rupiah) pada tahun ini, dan mencapai USD 70 miliar pada tahun 2020 (sekitar 950 triliun rupiah).

Riset TrendForce
Penjualan perangkat virtual reality sendiri akan mencapai 14 juta unit pada tahun ini. Pada tahun 2020 diperkirakan akan mencapai 38 juta unit secara global. Dengan perangkat virtual reality, pengguna serasa terjun langsung ke dunia tiga dimensi, seolah-olah mereka benar-benar berada disana.

Saat ini, virtual reality memang sedang menjadi segmen yang booming dalam industri teknologi. Dengan banyaknya perusahaan besar yang terjun ke bidang ini seperti Facebook dengan perusahaan miliknya, Oculus VR, kemudian HTC yang mulai fokus ke VR dengan HTC Vive, Samsung yang baru saja merilis Gear VR, Sony yang akan meluncurkan PlayStation VR miliknya, dan Google dengan Cardboard-nya yang sudah terjual lima juta unit dan divisi khusus virtual reality yang baru saja dibuat.

Kemudian dengan Apple yang sudah mulai mencaplok perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang virtual dan augmented reality dan merekrut peneliti virtual reality, Doug Bownan. Nintendo pun dikabarkan sudah mulai melirik virtual reality.

Sekarang pun, sudah banyak pengembang game yang mulai memberikan dukungan virtual reality ke dalam gamenya ataupun membuat game khusus VR. Seperti yang pernah RealitasMaya.com laporkan, jumlah pembuat game VR telah meningkat lebih dari dua kali lipat sejak tahun 2015.

Begitu juga dengan industri perfilman, beberapa studio sudah mulai membuat film khusus yang bisa dinikmati dengan virtual reality. Belum lagi dengan rencana Samsung yang akan membuat studio film VR.

Virtual reality memang lebih banyak ditemukan dalam dunia game, tapi penerapan VR dalam bidang yang lain juga tidak kalah menarik. Dalam bidang arsitektur misalnya, arsitek dapat mendesain lalu dengan menggunakan teknologi ini dapat langsung melihat hasilnya. Dimasa depan, virtual reality sudah dipastikan akan meluas ke berbagai bidang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here